Kehebatan Militer Indonesia Mendapat Pengakuan Internasional

Kehebatan militer Indonesia kini tidak perlu diragukan lagi karena dunia secara internasional pun mengakui ketangguhan dan kekuatannya. Kemiliteran Republik Indonesia telah berhasil masuk dalam jajaran enam belas besar dari total 137 negara berdasarkan info dari laman Global Fire Power.

Jumlah tentara Indonesia tercatat ada delapan ratus ribu jiwa dengan komposisi 400 ribu dalam status aktif dan sisanya stand by. Kekuatan tempur Indonesia juga terpisah dalam tiga bagian besar yaitu TNI AU, TNI AD, dan TNI AL.

Kehebatan Militer Indonesia Mendapat Pengakuan Internasional

TNI Angkatan Darat Republik Indonesia punya 315 tanker serta kendaraan menggunakan awak sekitar 1.300 unit, berikut artileri mode automatic sejumlah 140 pc. Sementara itu, persenjataan manual artileri kita mencapai 350 buah lengkap beserta tiga lusin misil berteknologi proyektor dari berbagai macam produsen.

TNI Angkatan Udara Republik Indonesia diperkuat oleh sedikitnya enam puluh kendaraan tempur udara dan pilotnya lebih dari 100 orang. Untuk menerjunkan personil, negara kita punya 192 helikopter yang siap siaga dengan 8 di antaranya sudah lengkap dengan persenjataan.

TNI Angkatan Laut Republik Indonesia lebih bervariasi dengan kepemilikan 8 unit frigate serta dua lusin corvet yang selalu stand by. Lima unit kapal selam juga ada di pangkalan dan rutin menerima perawatan, sementara kapal berpatroli ada 140 unit, melapor pada sebelas titik pangkalan perang.

Kehebatan Militer Indonesia Menuai Berbagai Penghargaan Bergengsi

Sumber daya alam berupa minyak bumi kita tersedia sebanyak tiga miliar barel, sehingga tak heran dunia mengakui kehebatan militer Indonesia. Namun konsekuensinya juga sepadan, karena konsumsi BBM kemiliteran Indonesia mencapai angka 1,6 juta barel setiap harinya sehingga terhitung masih boros.

Sektor militer Republik Indonesia menyerap tenaga kerja hingga menyentuh angka 125 juta anggota secara keseluruhan dari pejabat hingga para staff. Dengan kata lain, hampir sepertiga penduduk Indonesia mengabdikan dirinya demi kelangsungan sistem pertahanan dan keamanan bangsa negara merdeka Indonesia.

Kehebatan Militer Indonesia Menuai Berbagai Penghargaan Bergengsi

Semua ketentaraan beserta segenap peralatan dan perlengkapannya bertugas melindungi negeri dari ancaman dalam maupun luar wilayah Indonesia. Sekedar informasi, jalur laut yang biasanya dipakai untuk urusan perdagangan berjumlah sekitar hampir sembilan ribu banyaknya mengelilingi pulau besar.

Jalur darat kita yang terdeteksi kini sudah berada pada angka lebih dari empat ratus ribu kilo meter. Dari sekian banyaknya jumlah tersebut, sayang sekali pemanfaatan jalur kereta kurang optimal karena baru berkisar di angka lima ratus kilometer.

Kapasitas kelautan kita juga masih kurang memadai, sebab dari 9 ribu jalur laut hanya ditopang oleh total 14 pelabuhan utama saja. Namun jumlah bandar udara kita berada di tingkat rata – rata dengan jumlah 673 lokasi.

Kopassus Merupakan Kebanggaan Kemiliteran Republik Indonesia

Kehebatan militer Indonesia tidak lepas dari peranan Komando Pasukan Khusus atau Kopassus dalam menjalankan perannya secara maksimal. Sebagai gambaran, TNI bertugas untuk menjaga situasi tetap aman meliputi misi penyelamatan maupun kondisi genting misalnya bencana alam.

Sementara itu, Kopassus mengemban tugas yang lebih spesifik dan biasanya memiliki tingkat kesulitan jauh lebih tinggi dari pada umumnya. Mereka juga kerap kali harus berhadapan pada situasi yang penuh resiko besar serta medan ekstrim yang berat terkait keadaan berperang.

Kopassus Merupakan Kehebatan Militer Indonesia

Ketika berlatih, personil Kopassus akan menjalani simulasi semirip mungkin dengan kondisi perang mendekati keadaan aktual sehingga hormon adrenalin mengalir deras. Mereka diwajibkan untuk merayap sambil bersembunyi dalam kubangan lumpur sembari menghindari hujan peluru asli sehingga haram hukumnya membuat kesalahan.

Kopassus sudah jelas merupakan orang terpilih dengan kemampuan kognitif maupun psikologi melebihi manusia rata – rata pada umumnya. Instingnya harus tajam, refleksnya mesti responsif, nalar serta kemampuan berpikir kritis serta praktis pun dituntut mendapat nilai setinggi mungkin.

Itulah sebabnya mengapa satu orang Kopassus bisa mengimbangi belasan tentara biasa dari negara manapun yang mengaku paling kuat. Sebagai ilustrasi, ketangguhan mirip dengan legenda prajurit Sparta yang terkenal dan sempat diadaptasi ke layar lebar saking menginspirasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *